Budiy • Upvote 0 • Downvote 0

Cara remote komputer dengan OS Linux melalui iPhone menggunakan VNC

Pada tutorial kali ini kita akan fokus membahas mengenai cara remote komputer OS Linux berbasis distro Debian melalui perangkat iPhone menggunakan Virtual Network Computing (VNC). Pada umumnya konfigurasi remote antara komputer dan perangkat mobile menggunakan VNC adalah sebagai berikut:

(1) Apabila komputer ingin diremote menggunakan perangkat mobile maka pada sisi perangkat komputer diinstal VNC Server dan pada sisi perangkat mobile diinstal VNC Client.

(2) Apabila mobile ingin diremote menggunakan komputer maka pada sisi perangkat komputer diinstal VNC Client dan pada sisi perangkat mobile diinstal VNC Server. Beberapa contoh VNC Server yaitu Tigervnc, Tightvnc, Tinyvnc, x11vnc, dan lain sebagainya. Contoh VNC Client yaitu VNC Viewer dan lain sebagainya.


Berikut ini cara remote komputer dengan OS Linux melalui iPhone menggunakan VNC:

Pada sisi komputer:

1. Buka terminal Linux dan install x11vnc dengan perintah:

sudo apt install x11vnc

2. Membuat access point

Klik taskbar Network Manager dan klik Connect to hidden Wi-Fi Network. Setelah itu konfigurasi nama profil Wi-Fi, nama SSID, metode keamanan Wi-Fi, dan password.

catatan: Tidak semua perangkat adapter WiFi pada komputer memiliki dukungan untuk membuat access point atau hotspot. Jika adapter Wi-Fi tidak mendukung pembuatan access point maka disarankan menggunakan adapter Wi-Fi external yang mendukung pembuatan access point.

3. Cek IP private

Setelah terhubung pada access point yang baru saja dibuat, cek IP private melalui terminal dengan perintah:

sudo ifconfig

4. Menjalankan x11vnc melalui terminal dengan perintah:

x11vnc

vnc laptop linux melalui iphone

catatan: Perintah dijalankan tanpa sudo dan biarkan terminal tetap terbuka. Jika pada komputer terdapat firewall yang berjalan, pastikan bahwa firewall tersebut tidak melakukan block pada port yang digunakan oleh x11vnc (port default yaitu 5900).


Pada sisi mobile:

1. Instal aplikasi VNC Viewer melalui App Store.

2. Menyalakan Wi-Fi dan menyambungkan ke access point yang telah dibuat pada sisi komputer, sehingga perangkat komputer dan perangkat mobile akan berada pada jaringan yang sama.

3. Membuka aplikasi VNC Viewer dan konfigurasi IP sesuai IP yang digunakan pada sisi komputer, setelah itu klik tombol connect.


Dengan menggunakan x11vnc maka secara default VNC akan menggunakan session yang sama dengan yang digunakan oleh komputer yang diremote, sehingga tampilan layar antara komputer yang diremote dan yang melakukan remote akan sama persis. Jadi, x11vnc sangat cocok digunakan ketika sedang presentasi pada seminar, konferensi, dan lain sebagainya.


Jika menggunakan aplikasi VNC Server yang lain seperti Tigervnc atau Tightvnc biasanya VNC akan membuat sebuah session baru, sehingga tampilan layar komputer yang diremote dengan tampilan layar komputer yang melakukan remote akan berbeda seperti menggunakan workspace yang berbeda.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini