Yatno Simo • Upvote 0 • Downvote 0

Skema Pembuatan Power Supply Hanya Dengan 1 Dioda

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo guys.. bagaimana kabar kalian? Tentunya baik dan sehat kan. 😊

Kali ini saya akan berbagi pengalaman atau ilmu tentang cara membuat power supply hanya dengan satu dioda. Power supply tersebut bisa digunakan untuk semua alat elektronik yang membutuhkan tegangan seperti charger hp, charger laptop, lampu, dan lain sebagainya.


wanita thailand membuat barang elektronik
Source: unsplash @pimchu

Alat yang dibutuhkan

Yuk kita simak cara pembuatannya. Alat-alat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

1. Solder

2. Timah

3. Gunting dan Silet

4. Kotak tempat power supply


Bahan yang dibutuhkan

Bahannya adalah:

1. Transformator / Trafo : 1 A

2. Dioda : 1 A

3. Condensator 470uf / 16V

4. Kotak untuk wadah power supply sesuai selera kalian

5. Kabel untuk ke colokan


Cara pembuatan

Caranya sebagai berikut:

• Letakan trafo ke dalam kotak yang telah disiapkan tadi. Lalu hubungkan negatif ( - ) Condenstor atau Elco-nya menuju nol ( 0 ) pada trafo. Jangan sampai terbalik ya.

• Hubungkan negatif (-) Dioda menuju tegangan positif (6V, 8V, 12V, dan seterusnya). Jangan terbalik juga ya, soalnya ini arus DC bukan AC.

• Positif (+) Dioda tadi dihubungkan dengan positif (+) condensator. Lalu solder semuanya tadi agar merekat dengan kuat dan tidak lepas.

• Pasang colokan dan kabelnya ke trafo pada tegangan (0V sampai dengan 220V). Posisi kabel bolak-balik tidak apa-apa. Kalau kalian ingin menambahkan tegangan, kalian ganti ukuran komponen yang lebih besar dan cara pemasangannya sama seperti tadi.

• Cek dengan menggunakan lampu atau avometer apakah power supply tersebut berfungsi secara normal atau tidak.

• Kalau sudah berfungsi dan normal, selanjutnya rapikan posisi kabel dan komponen lainnya ke dalam kotak yang disiapkan tadi.


Intinya pemasangan tersebut adalah pemasangan dioda dan condensator harus positif (+) dengan positif (+), negatifnya condensator menuju nol atau negatif trafo sehingga terjadi power supply yang sederhana. Ukuran condensator harus +3 atau lebih dari tegangan yang kita inginkan. Dibawah ini gambar skemanya.


skema power supply satu dioda

Dan ingat ya guys, kalau arus AC pemasangannya boleh dengan posisi bolak-balik. Sedangkan arus DC jangan sampai terbalik karena ada aliran positif dan negatifnya. Itulah pengalaman dari saya, kurang lebihnya mohon maaf jika ada kesalahan dalam menulis artikel ini.


Kalian bisa membuat power supply sendiri di rumah agar pengalaman kalian juga bertambah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys. Jika ada pertanyaan, bisa ditanyakan secara langsung melalui kotak form komentar di bawah artikel ini (pastikan kalian sudah login di forum ini). Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini