Ayua • Upvote 0 • Downvote 0

Inilah Inovasi Dalam Dunia Pendidikan Yang Bermanfaat

Dunia pendidikan selalu menjadi sesuatu yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, dari pendidikan yang baik, maka diharapkan seorang anak bisa memiliki masa depan yang mendukung. Oleh sebab itulah, inovasi atau hal-hal baru dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan.


Inovasi atau ide-ide baru ini sangatlah penting untuk menunjang dan memaksimalkan pendidikan pada seorang anak. Inovasi-inovasi yang ada saat ini ada banyak sekali, dan pastinya sangat diperlukan dalam hal pendidikan. Maka dari itu, berikut akan kita bahas lebih jauh beberapa inovasi yang berguna dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.


Beberapa inovasi di dunia pendidikan


belajar membaca takdir dan petunjuk dalam berinovasi
Source: pixabay harishs

Pembelajaran secara daring

Perkembangan teknologi saat ini ternyata sangat membantu dan menjadi inovasi dalam dunia pendidikan yang sangat bermanfaat. Dimana dengan adanya teknologi internet, pendidikan bisa berlangsung dengan mudahnya. Peserta didik dan guru dapat melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring atau online. Pastinya sangat membantu dan memudahkan bagi mereka yang tidak bisa berpergian keluar rumah.


Virtual Reality dan Aurgmented Reality

Inovasi lainnya untuk dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan teknologi adalah VR dan juga AR ini. Dengan penggunaan kedua teknologi ini, peserta didik bisa mempelajari sesuatu secara lebih nyata dalam bentuk 3D. Di mana kita dapat melakukan berbagai interaksi secara nyata tanpa harus bepergian ke mana pun. Bahkan, kita bisa melihat benda yang sebelumnya tidak pernah dilihat atau dibayangkan. Augmented Reality sendiri lebih dikhususkan untuk hal-hal berbau simulasi.


Aplikasi belajar

Inovasi dalam dunia pendidikan lainnya yang juga sangat bermanfaat ialah aplikasi yang dikhususkan untuk belajar. Dimana aplikasi ini dapat berupa e-book, aplikasi penerjemah berbagai bahasa, dan masih banyak lagi. Dengan adanya aplikasi belajar, maka anak bisa lebih mudah mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan tentu membantu dalam hal belajar.


Itulah dia beberapa inovasi dalam dunia pendidikan yang akan semakin berkembang lagi kedepannya. Dengan memanfaatkan dan mengembangkan teknologi, ide-ide baru bisa muncul dan diwujudkan secara baik. Pastinya akan bermanfaat bagi dunia pendidikan jika diaplikasikan secara baik.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini