Ayua • Upvote 0 • Downvote 0

3 Cara Untuk Irit Kuota yang Mudah Dilakukan

Selain smartphone, salah satu hal yang sangat dibutuhkan di masa sekarang adalah kuota internet. Adanya kuota internet tersebut bisa membuat seseorang melalukan dan mencari apa saja. Tanpa adanya kuota, smartphone kurang berati. Sama halnya dengan kuota. Tanpa adanya smartphone, kuota tidak bisa berdiri sendiri. Tidak heran jika dua hal tersebut saling berdampingan. Untuk itu penting mengetahui cara untuk irit kuota.


Banyak sekali jenis kuota yang bisa digunakan pada smartphone. Adanya kuota juga bisa membuat seseorang mencari informasi di sosial media, bisa melakukan streaming, bisa bermain game online, dan banyak lainnya. Tidak heran jika penggunaan kuota bisa berkurang dengan cepat. Untuk melakukan penghematan kuota, Anda perlu mengikuti cara untuk irit kuota di bawah ini.


Tidak Melalukan Update Secara Otomatis

Salah satu cara untuk melakukan penghematan pada kuota adalah dengan tidak melakukan update secara otomatis. Selain kuota yang akan berkurang, ruang dalam fail smartphone juga akan semakin penuh. Sehingga tidak jarang sebuah smartphone akan memberikan peringatan akibat ruang yang hampir penuh.


update hanya melalui wifi
Source: pixabay mohamed_hassan

Jika Anda ingin melakukan update secara berkala, Anda bisa melakukan setting dengan WIFI untuk melakukan update sistem telepon atau suatu aplikasi. Dengan begitu kuota Anda akan hemat.


Mengaktifkan Peringatan

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengaktifkan peringatan saat Anda berada di luar. Peringatan tersebut bisa Anda gunakan untuk mengetahui penggunaan yang sudah melebihi batas limit. Sering kali saat seseorang melakukan streaming atau membuka sosial media sampai lupa dengan penggunaan kuota. Mengaktifkan hal tersebut bisa membuat Anda memantau dalam penggunaan kuota.


Mengubah Fitur Maps

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengubah fitur Maps menjadi mode offline. Salah satu fitur ini sangat sering digunakan saat bepergian. Namun, hanya sedikit yang tahu bahwa fitur tersebut bisa menguras kuota dalam jumlah yang banyak. Untuk itu ubah ke mode offline agar kuota Anda tetap irit.


Itulah beberapa cara untuk irit kuota yang bisa Anda coba lakukan dengan mudah. Anda tidak perlu lagi boros untuk membeli kuota dalam jangka waktu yang singkat.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini