Ayua • Upvote 0 • Downvote 0

Jenis-jenis Pemanfaatan Teknologi Bagi Kesehatan

Perkembangan dunia modern semakin pesat dengan berbagai hal baru yang menarik di dalamnya. Hampir setiap hari kita menemukan berbagai penemuan baru yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Saat ini sendiri, berbagai teknologi dikembangkan untuk membantu berbagai kebutuhan manusia, termasuk di bidang kesehatan.


Tentunya setiap manusia tidak ada yang menginginkan sakit, dan kesehatan sendiri adalah sesuatu yang amat mahal. Sehingga, dibutuhkannya berbagai teknologi mutakhir untuk memberikan kesehatan dengan baik. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait berbagai cara untuk memanfaatkan teknologi di bidang kesehatan.


Pemanfaatan teknologi untuk kesehatan


teknologi kesehatan semakin maju
Source: pixabay marionbrun

Menyembuhkan autisme

Autisme adalah salah satu penyakit yang cukup membutuhkan penanganan dan perhatian ekstra. Pasalnya, bagi penderita autisme sendiri sering kali mengalami gangguan saat berinteraksi dengan sesama. Oleh karena hal itulah, dengan adanya pemanfaatan teknologi bagi kesehatan dapat membantu para pengidap Autisme untuk saling berinteraksi. Teknologi ini sendiri disebut dengan AR atau Augmented Reality, dan pastinya sangat berguna bagi seorang pasien autisme agar bisa berkomunikasi dengan baik.


Mengobati penyakit alzheimer

Alzheimer sendiri merupakan gangguan pada memori seseorang, dan cukup sulit untuk disembuhkan. Akan tetapi, berkat bantuan teknologi yang sudah semakin canggih ini. Maka Virtual Reality atau VR ini dapat digunakan untuk membantu penderita alzheimer. Meskipun VR lebih terkenal untuk bermain game, namun ternyata juga mampu mengobati alzheimer ini. Virtual Reality untuk mengobati alzheimer satu ini cukup ampuh karena bisa meningkatkan memori kembali lewat tayangan secara virtual.


Membuat robot medis

Pemanfaatan teknologi bagi kesehatan lainnya juga berguna dalam hal medis, dengan adanya robot-robot yang membantu. Dalam beberapa kasus, rumah sakit kekurangan tenaga medis untuk menangani pasien. Karena hal itulah robot diperlukan untuk membantu, misalnya saja dalam hal mengantar makanan pada pasien, melakukan pendataan, dan sebagainya. Robot-robot ini juga sangat berguna dalam beberapa hal, tergantung kebutuhan dari sebuah instansi itu sendiri. Sama halnya dengan robot yang membantu di restoran, dan mungkin Anda pernah melihatnya.


Mampu mendeteksi penyakit

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, kesehatan adalah hal penting dan mahal. Namun, terkadang keberadaan suatu penyakit tidak terdeteksi dengan baik. Sehingga, pengembangan teknologi pun difokuskan untuk membuat alat-alat yang mampu mendeteksi adanya penyakit. Terlebih lagi penyakit berbahaya seperti kanker, dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah sebuah pen yang mampu mendeteksi adanya kanker dalam tubuh, pastilah benar-benar berguna agar dapat memberikan penanganan pertama.


Menghilangkan trauma dan fobia

Memiliki suatu trauma ataupun juga fobia tentu menjadi hal yang menyulitkan, terlebih jika pada sesuatu yang banyak dilihat sehari-hari. Melihat kesulitannya pasien dalam mengatasi trauma ataupun fobia ini, maka teknologi pun dikembangkan. Seperti pada pasien autisme, maka pemanfaatan teknologi bagi kesehatan satu ini juga menggunakan AR. Di mana pasien dilatih untuk menghadapi rasa takutnya dengan cara yang menyenangkan. Contohnya di sini pasien takut pada hewan tertentu, maka AR memberikan semacam game untuk membasmi hewan tersebut.


Masih banyak lagi teknologi lainnya yang bisa Anda temukan terkait masalah kesehatan dan lainnya. Dengan memanfaatkan dan menggunakannya secara maksimal, maka kesehatan bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk didapatkan. Pastinya Anda pun bisa menggunakan teknologi lain, seperti melihat informasi kesehatan di internet, dan sebagainya.


Itulah dia beberapa pemanfaatan teknologi bagi kesehatan yang sedang ramai dibicarakan belakangan ini. Sampai saat ini pun, pengembangan lainnya terkait teknologi dan kesehatan masih terus berlanjut untuk kemakmuran bersama.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini