Ayua • Upvote 0 • Downvote 0

Inilah Alasan Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Remaja

Generasi muda adalah penerus bangsa yang sangat dibanggakan. Akan tetapi, saat ini para remaja memiliki suatu kecenderungan yang tinggi terhadap trend atau perkembangan terbaru. Hal demikian memanglah baik, namun juga tak jarang kita dapati berbagai perilaku yang menyimpang.


Di mana para remaja ini cenderung mengikuti dan menyukai hal berbau barat dan modern dibandingkan yang tradisional atau nasionalis. Hal ini jelas meresahkan karena sikap cinta tanah air perlu ditanamkan dan diwujudkan sejak usia dini. Terlebih, pada remaja yang mulai bisa menentukan sikap mereka sendiri. Namun, tentu sikap nasionalisme dan moral harus tetap dijalankan dengan baik. Biasanya, anak atau remaja mendapatkan pendidikan khusus yang disebut pendidikan kewarganegaraan.


kewarganegaraan indonesia
Source: pixabay/users/950518

Apa itu Pendidikan Kewarganegaraan?

PKN atau juga pendidikan kewarganegaraan ini biasanya diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. PKN sendiri memberikan para pelajar arahan untuk memiliki pedoman dan tujuan hidup berbangsa dan bernegara yang baik di Indonesia. Bahkan, salah satu pentingnya pendidikan kewarganegaraan ialah sebagai pondasi agar generasi mendatang dapat menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik dan memperoleh HAM.


Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk remaja

Alasan pertama ialah untuk memungkinkan remaja atau siswa agar memiliki kemampuan untuk memahami hak dan juga nilai kewajiban secara jujur, sopan dan santun, ikhlas, dan juga demokratis. Di mana tujuan ini ditujukan agar nantinya anak atau remaja bisa menjalankan kehidupan bermasyarakat di Indonesia dengan penuh tanggung jawab.


Pentingnya pendidikan kewarganegaraan juga terlihat dalam kehidupan berpolitik. Dengan adanya pendidikan ini maka masyarakat dapat memiliki rasa peduli pada politik Indonesia. Dengan ini jugalah, maka kekacauan jadi lebih sedikit terjadi, dan hubungan antara pemerintah serta masyarakat dapat berjalan dengan baik.


Alasan lainnya yang juga menjadikan pendidikan kewarganegaraan ini penting adalah dengan remaja mempelajarinya, maka dapat menciptakan tenggang rasa serta toleransi yang baik. Selain itu juga, para remaja ini bisa mengerti sistem pemerintahan, yang pastinya berguna untuk bekal kedepannya.


Banyak sekali alasan pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi remaja, dan juga masyarakat. Dengan ini, maka para remaja bisa dipersiapkan dengan lebih baik dalam menjalani hari depan.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini