Qowiy • Upvote 0 • Downvote 0

5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak Manusia

Semakin kita bertambah usia, daya ingat kita pasti akan semakin menurun. Mulai dari lupa akan masa kecil, nama teman-teman saat kita kecil, dan banyak hal lain. Akan tetapi, setiap manusia pastinya memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada manusia yang memiliki daya ingat lama dan ada juga yang memiliki daya ingat cepat hilang.


Faktor yang memungkinkan daya ingat kita tidak kuat adalah karena kita sering mengkonsumsi makanan yang salah, istirahat yang kurang, terlalu banyak mengkonsumsi gula dan jarang berolahraga.


daya ingat otak manusia
Source: pixabay chenspec

Meningkatkan daya ingat otak manusia ada beberapa tips. Salah satu tips untuk meningkatkan daya ingat otak manusia yaitu menjaga pola hidup sehat. Berikut ini adalah kumpulan tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat otak manusia.


1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan kebiasaan yang bagus untuk meningkatkan daya ingat. Pastikan anda tidur selama tujuh jam hingga delapan jam secara teratur. Karena pada saat kita tidur informasi dikonsolidasikan di otak pada tingkat kepahaman yang lebih dalam selama tidur.


2. Rajin Berolahraga

Melakukan aktivitas berolahraga juga termasuk dalam kegiatan untuk meningkatkan daya otak manusia. Melakukan latihan aerobic selama kurang lebih 30 menit 4-5 kali dalam seminggu, untuk meningkatkan daya ingat dan meningkatkan perhatian dan konsentrasi serta aliran darah otak di area memori otak.


3. Garis bawahi sesuatu yang penting

Jika anda sering melihat film, ikut seminar dan membaca buku, cobalah anda meringkas dari apa yang anda sudah lakukan dengan hal tersebut. Mencatat ide-ide baru yang abstrak dan mencatat sekumpulan fakta dapat mendorong otak untuk mengingat lebih lama. Berbagai kumpulan fakta-fakta fundamental sangat berguna untuk meningkatkan ide-ide menjadi lebih luas.


4. Batasi Multitasking

Multitasking dapat mengurangi produktivitas mental, membuat otak cepat lelah dan meningkatkan stress. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan refreshing otak sebelum dan setelah melakukan kegiatan yang menguras kinerja otak.


5. Motivasi

Otak yang termotivasi akan membangun koneksi saraf yang lebih cepat dan lebih kuat. Carilah tentang minat dan bakat dalam diri anda, kemudian pelajari lebih lanjut tentang hal itu agar dapat menghasilkan banyak motivasi-motivasi hebat.

Share thread ini ke sosial media
Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini