Trik Olshop Instagram Laris Manis

Vivin Nur Aini • Upvote 0 • Downvote 0
Instagram menjadi salah satu platform yang ramai untuk melakukan bisnis online. Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan memanfaatkan aplikasi ini untuk tambahan mencari cuan. Tapi jangan salah, mengelola online shop di instagram tidak bisa asal-asalan. Ada tips dan triknya tersendiri lho.. Oke langsung saja scroll!

Caption: Online shop
Online shop


Buat akun dan lengkapi biodata
Setelah buat akun pastikan kamu perhatikan hal-hal di bawah ini :
• Tampilkan profile picture yang menarik. Bisa pakai logo toko ataupun foto yang sesuai dengan produk. Usahakan menggunakan warna gambar dan background yang berlawanan ya!
• Gunakan profile name sesuai produk yang dijual. Usahakan menggunakan nama yang sekiranya banyak dicari, sehingga akunmu akan masuk dalam pencarian teratas.
• Isi biodata dengan lengkap dan detail. Cantumkan lokasi toko offline, nomor hp, website dan jam operasional.




Upload 150 foto
Kelihatannya terlalu banyak ya.. Tapi coba bayangkan jika sebuah akun hanya upload 5 atau 10 foto kemudian konsumen kurang tertarik, tentu akan langsung pindah ke akun lain bukan? Selain itu juga akan memberikan kesan trusted sehingga calon konsumen betah berlama-lama di akun kita. Caranya adalah dengan menciptakan habit
Pagi, siang, malam = Upload!
.

Tips mendapatkan order
Jangan khawatir meskipun followers masih sedikit, karena kunci pentingnya adalah
Foto + caption + hastag

• Pastikan foto yang diunggah tidak buram ya! Harus jelas, namun juga jangan alay
• Caption jangan terlalu panjang, lebih baik singkat, padat, namun to the point. Kenapa?? Karena yang dilihat pertama adalah foto, bukan caption!
• Gunakan hastag yang relevan karena bukan tidak mungkin jika konsumen mencari barang yang mereka inginkan lewat hastag. Jadi, hastag disini berfungsi sebagai SEO.

Strategi marketing
• Endorsment
Endorsment adalah kerjasama promosi dengan public figure. Biasanya akun online shop akan memberikan produknya secara gratis, kemudian public figure tersebut akan mempromosikan di akun sosial medianya. Tentunya dilengkapi dengan caption yang menarik. Strategi ini tidak hanya untuk menambah followers saja, namun akan membentuk rasa percaya atau trust dari calon konsumen terhadap produk kita.
• Paid promote
Paid promote ini prinsipnya mirip dengan endorsment. Produk akan dipromosikan oleh akun yang memiliki followers besar dengan tarif tertentu. Produk akan diposting sebanyak beberapa kali dan akan dihapus sesuai waktu yang telah ditentukan. Penting untuk diperhatikan, pastikan pilih waktu posting yang tepat. Misalnya di jam santai (jam 7 - 12 malam). Kedua, perhatikan foto + caption. Buat semenarik mungkin agar orang penasaran dengan produkmu. Terakhir adalah mengenai target market. Misal jualan skincare, maka pilih akun paid promote yang sesuai.
• Buzzer instagram
Buzzer adalah akun yang memiliki jumlah followers besar dimana followers tersebut merupakan akun aktif bukan fake. Biasanya akun buzzer akan melakukan promo kepada brang-brand tertentu yang ingin menggunakan jasa buzzer.
• Give away
Give away gampangannya adalah memberikan hadiah gratis. Trik ini dilakukan untuk menambah followers, mempertahankan konsumen agar repeat order dan juga sebagai trik branding. Nah, ide untuk give away misalnya berupa photo contest, best testimonial, like terbanyak dan lain-lain.
• IG Stories dan Live
Saat ini mengandalkan postingan saja tidak cukup. Produk yang diposting belum tentu langsung muncul di timeline calon konsumen. Jadi, pastikan menggunakan fitur ini agar akunmu tetap eksis di instagram.
• Akun kloningan
Trik ini dilakukan dengan cara membuat akun baru untuk menjual produk yang sama. Nah, akun tersebut nantinya digunakan untuk saling mempromosikan dengan akun lama. Jadi, dengan cara ini akunmu dapat menguasai pencarian di instagram dan tentunya juga akan menambah followers.
• Word of mouth
Jangan khawatir, jika produkmu bagus dan pelayanan memuaskan tentunya konsumen tidak segan-segan untuk merekomendasikan produkmu ke temannya. Nah, inilah yang disebut dengan "Word of Mouth". Jika cara ini telah berhasil, kamu tidak perlu susah payah menggunakan iklan. Budgetmu juga akan lebih aman bukan?



Anda harus sudah login untuk berkomentar di thread ini
Artikel Terkait
kain tye dye
Busana Tye Dye Laris Manis di Masa Pandemi

Busana Tye Dye merupakan busana yang pernah popular di tahun 1969 di kalangan kaum hippie yang sekarang kembali banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Meskipun bukan motif baru di dunia industri fashion, motif tye dye (celup ikat) dapat memberikan k...


Penulis: anisnurul
memajukan bisnis dengan teknologi
Tips dan Trik Memajukan Bisnis dengan Teknologi Baru

Kondisi dunia bisnis berubah sangat cepat karena teknologi bisnis baru yang muncul. Banyak bisnis telah menggunakan teknologi untuk meningkatkan dan mendapatkan posisi tinggi di pasar. Usaha kecil telah berhasil mendapatkan keunggulan kompetitif diba...


Penulis: ifeb
game smartphone
Bikin Nagih, Inilah Game Android Paling Laris di Indonesia

Pernahkah Anda menggemari suatu game sampai tidak ingin berhenti memainkannya? Pada waktu-waktu senggang, jelas memainkan sebuah permainan, khususnya game online adalah hal terbaik. Namun, tentu tidak semua permainan tersebut bisa kita nikmati dan ma...


Penulis: ayua
^